Rabu, 10 Oktober 2012

Penggunaan Natural GLIO Pada Pembibitan Pepaya California

1. Sekilas tentang Natural GLIO

Natural GLIO  adalah  pengendali  penyakit alami yang berbahan aktif Gliocladium sp.  Dan Trichodermasp. Yang merupakan suatu jenis cendawan (jamur multi seluler) yang dapat membantu petani menanggulangi beberapa penyakit tanaman.  Fungsinya sebagai agensia antagonis (penghambatan) terhadap beberapa jenis penyakit tanaman. Gliocladium sp. sangat berperan dalam pengendalian biologis pathogen-patogen penyebab penyakit yang merugikan dalam tanah. Mekanisme antagonis yang terjadi adalah sebagai berikut :
  1. Menghancurkan patogen-patogen  penyebab penyakit dari luar (Inokulum)atau mematikan sumber berkembangnya penyakit.
  2. Mencegah patogen-patogen  penyebab penyakit untuk membentuk koloni (menyatu) dan berkembang kembali dalam tanah. 
  3. Melindungi perkecambahan biji dan akar-akar tanaman dari infeksi penyebab penyakit patogen.
Gliocladium sp.  dan Trichodermasp dapat mematikan, menghambat dan menghancurkan pertumbuhan cendawan patogen dalam tanah yang dapat menyerang tanaman (fungisidal dan fungistatik). Kemampuan ini disebabkan karena Gliocladium sp. mengeluarkan zat antibiotik gliovirin dan viridin.
  • Gliovirin adalah senyawa yang menghambat pertumbuhan beberapa cendawan dan bakteri.
  • Viridin dapat menghambat pertumbuhan cendawan.
Natural GLIO mengandung 1015 spora/gram Gliocladium sp.dan Trichodermas, sehingga sangat efektif untuk pengendalian penyakit. Natural GLIO dibuat dalam bentuk serbuk dengan tujuan :
  • Memudahkan pemakaian;
  • Tahan disimpan dalam waktu 3-5 tahun tanpa berkurang efektifitasnya.
Penyakit-penyakit yang dapat dikendalikan adalah penyakit yang terbawa biji atau terbawa tanah, contohnya penyakit Rebah Semai (DumpingOff) yang disebabkan oleh cendawan Pythiumsp. dan Rizoctonia sp. , Penyakit Layu pada lombok , kentang, tomat , tembakau dll. yang disebabkan oleh jamur Fusarium sp. dan bakteri Pseudomonas sp.

Spesifikasi Produk :
Kode Produk : GLIO
Nama Produk : Natural GLIO
Isi : 100 gr
Harga : 25.500,-

2. Penggunaan Natural GLIO pada budidaya Pepaya California
Natural GLIO digunakan pada saat penyiapan benih, yaitu sebelum benih ditanam di polybag terlebih dahulu ditebari dengan Natural GLIO. Untuk benih sekitar 1.250 biji gunakan Natural GLIO dengan dosis 100 gr.

Referensi : http://www.natural-nusantara.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar